KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
SMPN BERTARAF INTERNASIONAL KAB. SUKABUMI
Mata
pelajaran : Bahasa Sunda
Kelas /
Semester : VII/ I
STANDAR
KOMPETENSI/
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI POKOK
|
KARAKTER
BANGSA
|
PENGALAMAN BELAJAR
|
INDIKATOR
|
Mampu
menyimak, memahami dan menanggapi berbagai wacana percakapan, dongeng dan
pupujian
|
Menyimak
penggalan-penggalan percakapan (rekaman; dibacakan)
|
Percakapan
|
Dengan cermat
|
· Siswa dapat
menyimak sebuah percakapan dengan baik
· Siswa dapat memahmi
isi percakapan dengan baik
· Siswa dapat
menafsirkan berbagai hal berkenaan dengan percakapan
|
·
menyimak dengan sikap yang baik
·
menyimpulkan topik percakapan
·
menyebutkan bagian-bagian isi percakapan
·
menafsirkan maksud percakapan
|
Mampu
membaca, memahami dan menanggapi bentuk dan jenis wacana sejarah lokal/babad,
wacana percakapan, wacana dongeng dan carita pondok
|
Membaca
teks percakapan
|
Percakapan
|
Dengan baik
|
· Siswa membaca-kan teks percakap-an dengan lafal,
volume suara serta intonasi yang baik
· Siswa membaca kalimat kedua tokoh dengan
penjiwaan yang berbeda
· Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan bersangkutan
dengan pembacaan teks
· Siswa memper-baiki atau menyempurnakan pembacaan teks
percakapan
|
·
Dapat membacakan teks percakapan dengan lafal, volume suara serta
intonasi yang baik
·
Dapat membaca kalimat kedua tokoh dengan penjiwaan yang berbeda
·
Dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan bersangkutan dengan pembacaan
teks
·
Dapat memperbaiki atau menyempurnakan pembacaan teks percakapan
|
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan
dalam bercerita tentang pengalaman, menyampaikan pengumuman, bertelepon,
menyampaikan bahasan, menceritakan tokoh dan bercakap-cakap dengan teman
|
Bercakap-cakap dengan teman sekelas
|
Percakapan
|
Dengan baik/santun
|
· Siswa melakukan
percakapan dengan lafal, volume suara dan intonasi yang baik
· Siswa
bercakap-cakap dengan sikap, gerak dan mimik yang baik
· Siswa memilih
pokok-pokok percakapan yang pantas
· Siswa
menyempur-nakan bahasa atau kalimat-kalimat percakapan
|
·
melakukan percakapan dengan lafal, volume suara dan
intonasi yang baik
·
bercakap-cakap dengan sikap, gerak dan mimik yang baik
·
memilih pokok-pokok percakapan yang pantas
·
menyempurnakan bahasa atau kalimat-kalimat percakapan
·
|
Mampu menyimak, memahami dan menanggapi berbagai wacana
percakapan, dongeng dan pupujian
|
Menyimak pembacaan dongeng
|
Dongeng
|
Dengan cermat
|
· Siswa menyimak
dengan baik
· Siswa menyebutkan
tokoh-tokoh cerita
· Siswa menyebutkan
peristiwa-peristiwa cerita yang membentuk alur (galur carita )
· Siswa menyebut atau
menyimpulkan latar (setting)
|
·
Dapat menyimak dengan baik
·
Dapat menyebutkan tokoh-tokoh cerita
·
Dapat menyebutkan peristiwa-peristiwa cerita yang
membentuk alur (galur carita )
·
Dapat menyebut atau menyimpulkan latar (setting)
|
Mampu
membaca, memahami dan menanggapi bentuk dan jenis wacana sejarah lokal/babad,
wacana percakapan, wacana dongeng dan carita pondok
|
Membaca
dongeng
|
Dongeng
|
Dengan baik
|
· Siswa membaca dongeng eksposisi dengan lafal serta
intonasi yang baik dan benar
· Siswa memahami isi (detil) dongeng
· Siswa menyimpul-kan tema dongeng
· Siswa menanggapi segi-segi isi, bahasa wacana dongeng
|
·
Dapat membaca dongeng eksposisi dengan lafal serta intonasi yang baik
dan benar
·
Dapat memahami isi (detil) dongeng
·
Dapat menyimpulkan tema dongeng
·
Dapat menanggapi segi-segi isi, bahasa wacana dongeng
·
|
Mampu
mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam bentuk
menulis pengalaman, biografi, sajak, bahasan dan menulis berita.
|
Menulis
pengalaman
|
Pangalaman
|
Dengan teliti
|
· Siswa menentukan
topik/jejer yang terpilih
· Siswa merencanakan tulisan dalam kerangka karangan
· Siswa memilih atau menceritakan peristiwa penting,
bermanfaat, serta menarik
· Siswa mengungkap-kan pengalaman dengan kalimat-kalimat
efektif
· Siswa menyusun wacana dalam paragraf yang padu
· Siswa menyempur-nakan karangan pengalaman
|
·
Dapat menentukan topik/jejer
yang terpilih
·
Dapat merencanakan tulisan dalam kerangka karangan
·
Dapat memilih atau menceritakan peristiwa penting, bermanfaat, serta
menarik
·
Dapat mengungkapkan pengalaman dengan kalimat-kalimat efektif
·
Dapat menyusun wacana dalam paragraf yang padu
·
Dapat menyempurnakan karangan pengalaman
|
Mampu
mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam bercerita
tentang pengalaman, menyampaikan pengumuman, bertelepon, menyampaikan
bahasan, menceritakan tokoh dan bercakap-cakap dengan teman
|
Menceritakan
pengalaman
|
Pangalaman
|
Dengan baik
|
· Siswa memilih topik yang paling menarik atau paling
penting
· Siswa menyampai-kan pembukaan dengan baik dan menarik
· Siswa menceritakan peristiwa pengalaman-pengalaman dalam
rangkaian yang sistematis
· Siswa menggunakan bahasa atau kalimat-kalimat yang jelas
dan santun
· Siswa bercerita dengan penampilan yang baik
· Siswa mengakhiri penceritaan dengan bagian penutup yang
baik
· Siswa memperbaiki atau menyempurnakan penceritaan
|
·
Dapat memilih topik yang paling menarik atau paling penting
·
Dapat menyampaikan pembukaan dengan baik dan menarik
·
Dapat menceritakan peristiwa pengalaman-pengalaman dalam rangkaian
yang sistematis
·
Dapat menggunakan bahasa atau kalimat-kalimat yang jelas dan santun
·
Dapat bercerita dengan penampilan yang baik
·
Dapat mengakhiri penceritaan dengan bagian penutup yang baik
·
Dapat memperbaiki atau menyempurnakan penceritaan
|
Mampu
mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam bentuk
menulis pengalaman, biografi, sajak, bahasan dan menulis berita.
|
Menulis
berita
|
Berita
|
Dengan teliti
|
· Siswa menghimpun /memilih beberapa berita penting dari surat kabar selama
seminggu terakhir, atau dari sumber lain (majalah, media elektronik) untuk
ditulis
· Siswa menulis bagian pembukaan dengan jelas dan baik
· Siswa menulis kembali tiap wacana dengan jelas dan lengkap
sebagai berita
· Siswa menulis dengan bahasa yang lugas
· Siswa memperbaiki atau menyempurnakan naskah berita
|
·
Dapat menghimpun/memilih beberapa berita penting dari surat kabar selama
seminggu terakhir, atau dari sumber lain (majalah, media elektronik) untuk
ditulis
·
Dapat menulis bagian pembukaan dengan jelas dan baik
·
Dapat menulis kembali tiap wacana dengan jelas dan lengkap sebagai
berita
·
Dapat menulis dengan bahasa yang lugas
·
Dapat memperbaiki atau menyempurnakan naskah berita
·
|
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan
dalam bercerita tentang pengalaman, menyampaikan pengumuman, bertelepon,
menyampaikan bahasan, menceritakan tokoh dan bercakap-cakap dengan teman
|
Menyampaikan pengumuman (wawaran)
|
Wawaran
|
Dengan baik
|
§ Siswa menyampaikan
/ meng-ucapkan pengumuman dengan lafal, volume suara, dan intonasi yang baik
§ Siswa menyampai-kan
pengumuman yang isinya jelas/tidak meragukan
§ Siswa menggunakan
kalimat-kalimat efektif dan singkat
§ Siswa menjawab atau
memberikan keterangan atas pertanyaan tentang isi pengumuman
§ Siswa menyampai-kan
pengumuman dengan sikap/penampilan yang baik
|
§ Dapat menyampaikan
/ meng-ucapkan pengumuman dengan lafal, volume suara, dan intonasi yang baik
§ Dapat menyampaikan
pengumuman yang isinya jelas/tidak meragukan
§ Dapat menggunakan
kalimat-kalimat efektif dan singkat
§ Dapat menjawab atau
memberikan keterangan atas pertanyaan tentang isi pengumuman
§ Dapat menyampaikan
pengumuman dengan sikap/penampilan yang baik
|
Mampu menggunakan aksara Sunda secara tertulis
|
Menulis dan membaca aksara sunda
|
Aksara Sunda
|
Dengan benar
|
· Siswa menuliskan
Aksara Sunda (vocal)
· Siswa menuliskan
Aksara Sunda (konsonan)
· Siswa menuliskan
rarangken dalam aksara Sunda
· Siswa menulis kata
dengan aksara Sunda
· Siswa menulis
kalimat dengan aksara Sunda
· Siswa membaca
kata-kata yang ditulis dalam aksara Sunda
|
·
Dapat menuliskan Aksara Sunda (vocal)
·
Dapat menuliskan Aksara Sunda (konsonan)
·
Dapat menuliskan rarangken dalam aksara Sunda
·
Dapat menulis kata dengan aksara Sunda
·
Dapat menulis kalimat dengan aksara Sunda
·
Dapat membaca kata-kata yang ditulis dalam aksara Sunda
|
Sukabumi, Juli 2012
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah,
………………………………
……………………………..
NIP.
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
SMPN BERTARAF INTERNASIONAL KAB. SUKABUMI
Mata
pelajaran : Bahasa Sunda
Kelas /
Semester : VII/ 2
STANDAR
KOMPETENSI/
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI POKOK
|
KARAKTER
BANGSA
|
PENGALAMAN
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
Mampu
menyimak, memahami dan menanggapi berbagai wacana percakapan, dongeng dan
pupujian
|
Menyimak
pembacaan Pupujian
|
Pupujian
|
Dengan benar
|
·
Siswa menyimak
dengan sikap yang baik
·
Siswa menyanyi-kan
puisi pupujian dengan lagu yang sudah lazim, sendiri atau bersama-sama
·
Siswa memahami
isi pupujian
·
Siswa mencerita-kan
isi pupujian dalam paraphrase
·
Siswa menanggapi
berbagai aspek puisi pupujian dalam diskusi
|
·
Dapat menyimak dengan sikap
yang baik
·
Dapat menyanyikan puisi
pupujian dengan lagu yang sudah lazim, sendiri atau bersama-sama
·
Dapat memahami isi pupujian
·
Dapat menceritakan isi pupujian
dalam paraphrase
·
Dapat menanggapi berbagai aspek
puisi pupujian dalam diskusi
|
Mampu mengungkapkan
pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis
pengalaman, biografi, sajak, bahasan dan menulis berita
|
Menulis Sajak
|
Sajak
|
Secara apik
|
·
Siswa menulis sajak sederhana
·
Siswa memilih kata-kata (diksi) dengan tepat
·
Siswa menulis larik-larik (padalisan) yang bermakna
·
Siswa menulis sajak yang mengandung gaya
bahasa, irama (wirahma) dan purwakanti dalam pembacaannya
·
Siswa memper-baiki atau me-nyempurnakan naskah sajak
·
Siswa merenca-nakan tulisan dalam kerangka karangan
|
·
Dapat menulis sajak sederhana
·
Dapat memilih kata-kata (diksi) dengan
tepat
·
Dapat menulis larik-larik (padalisan) yang
bermakna
·
Dapat menulis sajak yang mengandung gaya bahasa, irama
(wirahma) dan purwakanti dalam pembacaannya
·
Dapat memperbaiki atau menyempurnakan
naskah sajakDapat merencanakan tulisan dalam kerangka karangan
·
|
Mampu membaca, memahami
dan menanggapi bentuk dan jenis wacana sejarah lokal/babad, wacana
percakapan, wacana dongeng dan carita pondok
|
Membaca sejarah
lokal/babad
|
Babad
|
Dengan benar
|
·
Siswa memahami isi wacana atau cerita
·
Siswa memahami kedudukan dan peranan tokoh-tokoh
·
Siswa memahami hubungan kausalitas antarperistiwa kesejarahan
·
Siswa memahami pertautan antara tokoh, peristiwa dengan wilayah setempat
|
·
Dapat memahami isi wacana atau cerita
·
Dapat memahami kedudukan dan peranan
tokoh-tokoh
·
Dapat memahami hubungan kausalitas
antarperistiwa kesejarahan
·
Dapat memahami pertautan antara tokoh,
peristiwa dengan wilayah setempat
|
Mampu mengungkapkan
pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis
pengalaman, biografi, sajak, bahasan dan menulis berita.
|
Menulis biografi
|
Biografi
|
Dengan cermat
|
·
Siswa memilih tokoh dengan kriteria yang tepat
·
Siswa merencana-kan tulisan dalam kerangka karangan
·
Siswa menunjuk-kan pentingnya tokoh yang ditulis
·
Siswa memilih peristiwa penting dari kehidupan tokoh
·
Siswa mencerita-kan (naratif) riwayat hidup tokoh secara kronologis
·
Siswa memper-baiki atau me-nyempurnakan naskah biografi
|
·
Dapat memilih tokoh dengan kriteria yang
tepat
·
Dapat merencanakan tulisan dalam kerangka
karangan
·
Dapat menunjukkan pentingnya tokoh yang
ditulis
·
Dapat memilih peristiwa penting dari
kehidupan tokoh
·
Dapat menceritakan (naratif) riwayat hidup
tokoh secara
Kronologis
·
Dapat memperbaiki atau menyempurnakan
naskah biografi
·
|
Mampu mengungkap-kan
pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam bercerita tentang
pengalaman, menyampai-kan pengumuman, bertelepon, menyampaikan bahasan,
menceritakan tokoh dan bercakap-cakap dengan teman
|
Menceritakan tokoh idola
|
Tokoh idola
|
Dengan baik
|
·
Siswa memilih tokoh idola dengan pertimbangan yang baik
·
Siswa menjelas-kan kelebihan tokoh idola
·
Siswa menjelas-kan makna kelebihan atau keunggulan itu
·
Siswa menanggapi berbagai aspek terpuji dan keteladanan tokoh idola
·
Dapat menjawab pertanyaan tentang tokoh
idola
|
·
Dapat memilih tokoh idola dengan
pertimbangan yang baik
·
Dapat menjelaskan kelebihan tokoh idola
·
Dapat menjelaskan makna kelebihan atau
keunggulan itu
·
Dapat menanggapi berbagai aspek terpuji dan
keteladanan tokoh idola
·
Dapat menjawab pertanyaan tentang tokoh
idola
·
|
Mampu mengungkapkan
pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis
pengalaman, biografi, sajak, bahasan dan menulis berita.
|
Menulis karangan eksposisi
(bahasan)
|
Karangan
eksposisi
|
Dengan teliti
|
·
Siswa memilih topik (jejer) yang cocok untuk karangan eksposisi
·
Siswa merencana-kan tulisan dalam kerangka karangan
·
Siswa menulis bagian pembukaan dengan jelas
·
Siswa menerangkan prosedur, langkah-langkah atau proses secara sistematis
·
Siswa menerang-kan tiap prosedur,
langkah atau proses dengan jelas dan singkat
·
Siswa menggunakan bahasa yang lugas, kata yang tepat, dan kalimat-kalimat
yang efektif
·
Siswa menulis bagian penutup dan kesimpulan dengan baik
·
Siswa mem-perbaiki atau menyempurnakan naskah bahasan
|
·
Dapat memilih topik (jejer) yang cocok
untuk karangan eksposisi
·
Dapat merencanakan tulisan dalam kerangka
karangan
·
Dapat menulis bagian pembukaan dengan jelas
·
Dapat menerangkan prosedur, langkah-langkah
atau proses secara sistematis
·
Dapat menerangkan tiap prosedur, langkah atau proses dengan jelas
dan singkat
·
Dapat menggunakan bahasa yang lugas, kata
yang tepat, dan kalimat-kalimat yang efektif
·
Dapat menulis bagian penutup dan kesimpulan
dengan baik
·
Dapat memperbaiki atau menyempurnakan
naskah bahasan
·
|
Mampu mengungkapkan
pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam bercerita tentang
pengalaman, menyampaikan pengumuman, bertelepon, menyampaikan bahasan,
menceritakan tokoh dan bercakap-cakap dengan teman
|
Menyampaikan bahasan
|
Bahasan
|
Dengan baik
|
·
Siswa memilih topik bahasan yang penting atau berguna
·
Siswa memulai bahasan dengan pembukaan yang baik
·
Siswa menyajikan bagian-bagian bahasan dengan susunan yang sistematis
·
Siswa menyajikan bahasan dengan bahasa, pilihan kata atau kalimat-kalimat
efektif
·
Siswa berbicara dengan penampilan yang baik
·
Siswa mengakhiri bahasan dengan penutup yang baik
·
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang isi bahasan
|
·
Dapat memilih topik bahasan yang penting
atau berguna
·
Dapat memulai bahasan dengan pembukaan yang
baik
·
Dapat menyajikan bagian-bagian bahasan
dengan susunan yang sistematis
·
Dapat menyajikan bahasan dengan bahasa,
pilihan kata atau kalimat-kalimat efektif
·
Dapat berbicara dengan penampilan yang baik
·
Dapat mengakhiri bahasan dengan penutup
yang baik
·
Dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan
tentang isi bahasan
·
|
Mampu membaca, memahami
dan menanggapi bentuk dan jenis wacana sejarah lokal/babad, wacana
percakapan, wacana dongeng dan carita pondok
|
Membaca cerita pendek
|
Corpon
|
Dengan baik
|
·
Siswa membaca carita pondok dengan lafal dan intonasi yang baik
·
Siswa menceritakan ringkasan carita pondok dalam parafrase
·
Siswa memahami isi carita pondok
·
Siswa menanggapi carita pondok atas berbagai aspeknya
|
·
Dapat membaca carita pondok dengan lafal
dan intonasi yang baik
·
Dapat menceritakan ringkasan carita pondok
dalam parafrase
·
Dapat memahami isi carita pondok
·
Dapat menanggapi carita pondok atas
berbagai aspeknya
|
Mampu mengungkapkan
pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam bercerita tentang
pengalaman, menyampaikan pengumuman, bertelepon, menyampaikan bahasan,
menceritakan tokoh dan bercakap-cakap dengan teman
|
Berbicara melalui telepon
|
Telepon
|
Dengan sopan
|
·
Siswa memilih dan mengucapkan salam pembuka atau membalas salam pembuka dengan baik
·
Siswa berbicara dengan volume suara dan intonasi yang baik
·
Siswa mengung-kapkan maksud dengan singkat dan jelas
·
Siswa menjawab pertanyaan mitra bicara dengan singkat dan jelas
·
Siswa mengguna-kan bahasa secara efektif dan santun
·
Siswa menyem-purnakan pembicaraan dengan telepon
|
·
Dapat memilih dan mengucapkan salam pembuka
atau membalas salam pembuka dengan
baik
·
Dapat berbicara dengan volume suara dan
intonasi yang baik
·
Dapat mengungkapkan maksud dengan singkat
dan jelas
·
Dapat menjawab pertanyaan mitra bicara
dengan singkat dan jelas
·
Dapat menggunakan bahasa secara efektif dan
santun
·
Dapat menyempurnakan pembicaraan dengan
telepon
·
|
Sukabumi, Juli 2012
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah,
……………………………… …………………………………
NIP.
PROGRAM TAHUNAN
NO.
|
KELAS
|
SEMESTER
|
MATERI POKOK
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
|
VII
|
Ganjil
( I )
|
Percakapan
|
Menyimak penggalan-penggalan percakapan (rekaman; dibacakan)
|
|
|
|
Percakapan
|
Membaca teks percakapan
|
|
|
|
Percakapan
|
Bercakap-cakap dengan teman sekelas
|
|
|
|
Dongeng
|
Menyimak pembacaan dongeng
|
|
|
|
Dongeng
|
Membaca dongeng
|
|
|
|
Pangalanman
|
Menulis pengalaman
|
|
|
|
Pangalanman
|
Menceritakan pengalaman
|
|
|
|
Berita
|
Menulis berita
|
|
|
|
Wawaran
|
Menyampaikan pengumuman (wawaran)
|
|
|
|
Aksara Sunda
|
Menulis dan membaca aksara sunda
|
2.
|
|
Genap
( 2 )
|
Pupujian
|
Menyimak pembacaan Pupujian
|
|
|
|
Sajak
|
Menulis Sajak
|
|
|
|
Babad
|
Membaca sejarah lokal/babad
|
|
|
|
Biografi
|
Menulis biografi
|
|
|
|
Tokoh idola
|
Mencerita-kan tokoh idola
|
|
|
|
Karangan eksposisi
|
Menulis karangan eksposisi (bahasan)
|
|
|
|
Bahasan
|
Menyampai-kan bahasan
|
|
|
|
Corpon
|
Membaca cerita pendek
|
|
|
|
Telepon
|
Berbicara melalui telepon
|
PROGRAM SEMESTER
NO.
|
KELAS |
SEM. |
KOMPETENSI DASAR |
BULAN / MINGGU KE …
|
||||||||||||||||||||||||
JULI
|
AGUSTUS
|
SEPTEMBER
|
OKTOBER
|
NOPEMBER
|
DESEMBER
|
|||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1.
|
VII
|
Ganjil ( I )
|
Menyimak penggalan-penggalan percakapan (rekaman;
dibacakan)
|
|
|
Ö
|
Ö
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Membaca teks percakapan
|
|
|
|
|
Ö
|
Ö
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bercakap-cakap dengan teman sekelas
|
|
|
|
|
|
|
X
|
Ö
|
Ö
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menyimak pembacaan dongeng
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ö
|
Ö
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Membaca dongeng
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
X
|
Ö
|
Ö
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menulis pengalaman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ö
|
Ö
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menceritakan pengalaman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ö
|
Ö
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menulis berita
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ö
|
Ö
|
|
|
|
|
|
|
|
Menyampaikan pengumuman (wawaran)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ö
|
Ö
|
|
|
|
|
|
Menulis dan membaca aksara sunda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ö
|
|
|
|
|
ULANGAN BLOK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ö
|
Keterangan: X = Libur awal Shaum dan Idul Fitri
NO.
|
KELAS |
SEM. |
KOMPETENSI DASAR |
BULAN / MINGGU KE …
|
||||||||||||||||||||||||
JANUARI
|
PEBRUARI
|
MARET
|
APRIL
|
MEI
|
JUNI
|
|||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
2.
|
VII
|
Genap
( 2 )
|
Menyimak pembacaan Pupujian
|
X
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menulis Sajak
|
|
|
|
|
Ö
|
Ö
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Membaca sejarah lokal/babad
|
|
|
|
|
|
|
Ö
|
Ö
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menulis biografi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ö
|
Ö
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mencerita-kan tokoh idola
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ö
|
Ö
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menulis karangan eksposisi (bahasan)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ö
|
Ö
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ö
|
X
|
Ö
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Membaca cerita pendek
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ö
|
Ö
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Berbicara melalui telepon
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ö
|
Ö
|
|
|
|
|
Keterangan: X = Libur Semester Ganjil & Perkiraan UN
Sukabumi, Juli 2012
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah,
……………………………. ………………………………
NIP.
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Mata
pelajaran : Bahasa Sunda
Kelas /
Semester : VII/ I
STANDAR
KOMPETENSI/
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI POKOK
|
PENGALAMAN
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
METODE/ TEKNIK
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER/ ALAT/
BAHAN
|
|
JENIS TAGIHAN
|
BENTUK
INSTRUMEN
|
||||||||
Mampu
menyimak, memahami dan menanggapi berbagai wacana percakapan, dongeng dan
pupujian
|
Menyimak
penggalan-penggalan percakapan (rekaman; dibacakan)
|
Percakapan
|
· Siswa dapat
menyimak sebuah percakapan dengan baik
· Siswa dapat memahmi
isi percakapan dengan baik
· Siswa dapat
menafsirkan berbagai hal berkenaan dengan percakapan
|
·
menyimak dengan sikap yang baik
·
menyimpulkan topik percakapan
·
menyebutkan bagian-bagian isi percakapan
·
menafsirkan maksud percakapan
|
· Tes
· Non tes
· Tugas harian
|
- Essay
- Performance
|
Penugasan
Bermain peran
Tanya jawab
Ceramah
|
4 Jampel
|
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
Kaset
|
Mampu
membaca, memahami dan menanggapi bentuk dan jenis wacana sejarah lokal/babad,
wacana percakapan, wacana dongeng dan carita pondok
|
Membaca
teks percakapan
|
Percakapan
|
· Siswa membaca-kan teks percakap-an dengan lafal,
volume suara serta intonasi yang baik
· Siswa membaca kalimat kedua tokoh dengan
penjiwaan yang berbeda
· Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan bersangkutan
dengan pembacaan teks
· Siswa memper-baiki atau menyempurnakan pembacaan teks
percakapan
|
·
Dapat membacakan teks percakapan dengan lafal, volume suara serta
intonasi yang baik
·
Dapat membaca kalimat kedua tokoh dengan penjiwaan yang berbeda
·
Dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan bersangkutan dengan pembacaan
teks
·
Dapat memperbaiki atau menyempurnakan pembacaan teks percakapan
|
· Tes
· Non tes
· Tugas harian
|
- Essay
- Performance
|
Penugasan
Bermain peran
Tanya jawab
|
4 Jampel
|
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
Kaset
|
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan
dalam bercerita tentang pengalaman, menyampaikan pengumuman, bertelepon,
menyampaikan bahasan, menceritakan tokoh dan bercakap-cakap dengan teman
|
Bercakap-cakap dengan teman sekelas
|
Percakapan
|
· Siswa melakukan
percakapan dengan lafal, volume suara dan intonasi yang baik
· Siswa
bercakap-cakap dengan sikap, gerak dan mimik yang baik
· Siswa memilih
pokok-pokok percakapan yang pantas
· Siswa
menyempur-nakan bahasa atau kalimat-kalimat percakapan
|
·
melakukan percakapan dengan lafal, volume suara dan
intonasi yang baik
·
bercakap-cakap dengan sikap, gerak dan mimik yang baik
·
memilih pokok-pokok percakapan yang pantas
·
menyempurnakan bahasa atau kalimat-kalimat percakapan
|
· Tes
· Non tes
· Tugas harian
|
- Essay
- Performance
|
Penugasan
Bermain peran
Tanya jawab
Diskusi
|
4 Jampel
|
Wacana
Buku pegangan
|
Mampu menyimak, memahami dan menanggapi berbagai wacana
percakapan, dongeng dan pupujian
|
Menyimak pembacaan dongeng
|
Dongeng
|
· Siswa menyimak
dengan baik
· Siswa menyebutkan
tokoh-tokoh cerita
· Siswa menyebutkan
peristiwa-peristiwa cerita yang membentuk alur (galur carita )
· Siswa menyebut atau
menyimpulkan latar (setting)
|
·
Dapat menyimak dengan baik
·
Dapat menyebutkan tokoh-tokoh cerita
·
Dapat menyebutkan peristiwa-peristiwa cerita yang
membentuk alur (galur carita )
·
Dapat menyebut atau menyimpulkan latar (setting)
|
· Tes
· Non tes
· Tugas harian
|
- Essay
- Obyektif
|
Penugasan
Tanya jawab
Ceramah
Diskusi
|
4 Jampel
|
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
Kumpulan dongeng
|
Mampu
membaca, memahami dan menanggapi bentuk dan jenis wacana sejarah lokal/babad,
wacana percakapan, wacana dongeng dan carita pondok
|
Membaca
dongeng
|
Dongeng
|
· Siswa membaca dongeng eksposisi dengan lafal serta
intonasi yang baik dan benar
· Siswa memahami isi (detil) dongeng
· Siswa menyimpul-kan tema dongeng
· Siswa menanggapi segi-segi isi, bahasa wacana dongeng
|
·
Dapat membaca dongeng eksposisi dengan lafal serta intonasi yang baik
dan benar
·
Dapat memahami isi (detil) dongeng
·
Dapat menyimpulkan tema dongeng
·
Dapat menanggapi segi-segi isi, bahasa wacana dongeng
|
· Tes
· Non tes
· Tugas harian
|
- Essay
- Obyektif
- Performance
|
Penugasan
Demonstarasi
Tanya jawab
|
|
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
|
Mampu
mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam bentuk
menulis pengalaman, biografi, sajak, bahasan dan menulis berita.
|
Menulis
pengalaman
|
Pangalanm-an
|
· Siswa menentukan
topik/jejer yang terpilih
· Siswa merencanakan tulisan dalam kerangka karangan
· Siswa memilih atau menceritakan peristiwa penting,
bermanfaat, serta menarik
· Siswa mengungkap-kan pengalaman dengan kalimat-kalimat
efektif
· Siswa menyusun wacana dalam paragraf yang padu
· Siswa menyempur-nakan karangan pengalaman
|
·
Dapat menentukan topik/jejer
yang terpilih
·
Dapat merencanakan tulisan dalam kerangka karangan
·
Dapat memilih atau menceritakan peristiwa penting, bermanfaat, serta
menarik
·
Dapat mengungkapkan pengalaman dengan kalimat-kalimat efektif
·
Dapat menyusun wacana dalam paragraf yang padu
·
Dapat menyempurnakan karangan pengalaman
|
· Tes
· Non tes
· Tugas harian
|
- Essay
|
Penugasan
Tanya jawab
|
4 Jampel
|
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
|
Mampu
mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam bercerita
tentang pengalaman, menyampaikan pengumuman, bertelepon, menyampaikan
bahasan, menceritakan tokoh dan bercakap-cakap dengan teman
|
Menceritakan
pengalaman
|
Pangalanm-an
|
· Siswa memilih topik yang paling menarik atau paling
penting
· Siswa menyampai-kan pembukaan dengan baik dan menarik
· Siswa menceritakan peristiwa pengalaman-pengalaman dalam
rangkaian yang sistematis
· Siswa menggunakan bahasa atau kalimat-kalimat yang jelas
dan santun
· Siswa bercerita dengan penampilan yang baik
· Siswa mengakhiri penceritaan dengan bagian penutup yang
baik
· Siswa memperbaiki atau menyempurnakan penceritaan
|
·
Dapat memilih topik yang paling menarik atau paling penting
·
Dapat menyampaikan pembukaan dengan baik dan menarik
·
Dapat menceritakan peristiwa pengalaman-pengalaman dalam rangkaian
yang sistematis
·
Dapat menggunakan bahasa atau kalimat-kalimat yang jelas dan santun
·
Dapat bercerita dengan penampilan yang baik
·
Dapat mengakhiri penceritaan dengan bagian penutup yang baik
·
Dapat memperbaiki atau menyempurnakan penceritaan
|
· Tes
· Non tes
· Tugas harian
|
- Essay
- Obyektif
- Performance
|
Penugasan
Demonstarasi
Tanya jawab
|
4 Jampel
|
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
|
Mampu
mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam bentuk
menulis pengalaman, biografi, sajak, bahasan dan menulis berita.
|
Menulis
berita
|
Berita
|
· Siswa menghimpun /memilih beberapa berita penting dari surat kabar selama
seminggu terakhir, atau dari sumber lain (majalah, media elektronik) untuk
ditulis
· Siswa menulis bagian pembukaan dengan jelas dan baik
· Siswa menulis kembali tiap wacana dengan jelas dan lengkap
sebagai berita
· Siswa menulis dengan bahasa yang lugas
· Siswa memperbaiki atau menyempurnakan naskah berita
|
·
Dapat menghimpun/memilih beberapa berita penting dari surat kabar selama
seminggu terakhir, atau dari sumber lain (majalah, media elektronik) untuk
ditulis
·
Dapat menulis bagian pembukaan dengan jelas dan baik
·
Dapat menulis kembali tiap wacana dengan jelas dan lengkap sebagai
berita
·
Dapat menulis dengan bahasa yang lugas
·
Dapat memperbaiki atau menyempurnakan naskah berita
|
· Tes
· Non tes
· Tugas harian
|
- Essay
- Obyektif
|
Penugasan
Tanya jawab
Ceramah
Diskusi
|
4 Jampel
|
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
Radio, TV
|
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan
dalam bercerita tentang pengalaman, menyampaikan pengumuman, bertelepon,
menyampaikan bahasan, menceritakan tokoh dan bercakap-cakap dengan teman
|
Menyampaikan pengumuman (wawaran)
|
Wawaran
|
§ Siswa menyampaikan
/ meng-ucapkan pengumuman dengan lafal, volume suara, dan intonasi yang baik
§ Siswa menyampai-kan
pengumuman yang isinya jelas/tidak meragukan
§ Siswa menggunakan
kalimat-kalimat efektif dan singkat
§ Siswa menjawab atau
memberikan keterangan atas pertanyaan tentang isi pengumuman
§ Siswa menyampai-kan
pengumuman dengan sikap/penampilan yang baik
|
§ Dapat menyampaikan
/ meng-ucapkan pengumuman dengan lafal, volume suara, dan intonasi yang baik
§ Dapat menyampaikan
pengumuman yang isinya jelas/tidak meragukan
§ Dapat menggunakan
kalimat-kalimat efektif dan singkat
§ Dapat menjawab atau
memberikan keterangan atas pertanyaan tentang isi pengumuman
§ Dapat menyampaikan
pengumuman dengan sikap/penampilan yang baik
|
· Tes
· Non tes
· Tugas harian
|
- Performance
|
Penugasan
Demonstarasi
Tanya jawab
|
4 Jampel
|
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
|
Mampu menggunakan aksara Sunda secara tertulis
|
Menulis dan membaca aksara sunda
|
Aksara Sunda
|
· Siswa menuliskan
Aksara Sunda (vocal)
· Siswa menuliskan
Aksara Sunda (konsonan)
· Siswa menuliskan
rarangken dalam aksara Sunda
· Siswa menulis kata
dengan aksara Sunda
· Siswa menulis
kalimat dengan aksara Sunda
· Siswa membaca
kata-kata yang ditulis dalam aksara Sunda
|
·
Dapat menuliskan Aksara Sunda (vocal)
·
Dapat menuliskan Aksara Sunda (konsonan)
·
Dapat menuliskan rarangken dalam aksara Sunda
·
Dapat menulis kata dengan aksara Sunda
·
Dapat menulis kalimat dengan aksara Sunda
·
Dapat membaca kata-kata yang ditulis dalam aksara Sunda
|
· Tes
· Non tes
· Tugas harian
|
- Essay
|
Penugasan
Demonstarasi
Tanya jawab
|
6 Jampel
|
Buku pegangan
|
Sukabumi, Juli 2012
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah,
………………………………. ……………………………….
NIP.
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Mata
pelajaran : Bahasa Sunda
Kelas
/ Semester : VII/ 2
STANDAR
KOMPETENSI/
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI POKOK
|
PENGALAMAN
BELAJAR
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
METODE/ TEKNIK
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER/ ALAT/
BAHAN
|
|
JENIS TAGIHAN
|
BENTUK
INSTRUMEN
|
||||||||
Mampu menyimak, memahami dan
menanggapi berbagai wacana percakapan, dongeng dan pupujian
|
Menyimak
pembacaan Pupujian
|
Pupujian
|
·
Siswa menyimak
dengan sikap yang baik
·
Siswa menyanyi-kan
puisi pupujian dengan lagu yang sudah lazim, sendiri atau bersama-sama
·
Siswa memahami
isi pupujian
·
Siswa mencerita-kan
isi pupujian dalam paraphrase
·
Siswa menanggapi
berbagai aspek puisi pupujian dalam diskusi
|
·
Dapat menyimak dengan sikap
yang baik
·
Dapat menyanyikan puisi
pupujian dengan lagu yang sudah lazim, sendiri atau bersama-sama
·
Dapat memahami isi pupujian
·
Dapat menceritakan isi pupujian
dalam paraphrase
·
Dapat menanggapi berbagai aspek
puisi pupujian dalam diskusi
|
·
Tes
·
Non tes
·
Tugas harian
|
-
Essay
-
Obyektif
-
Performance
|
Penugasan
Bermain peran
Demonstarasi
Tanya jawab
Ceramah
Diskusi
|
4 Jampel
|
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
Kaset
|
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan
keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis pengalaman, biografi, sajak,
bahasan dan menulis berita
|
Menulis Sajak
|
Sajak
|
·
Siswa menulis sajak sederhana
·
Siswa memilih kata-kata (diksi) dengan tepat
·
Siswa menulis larik-larik (padalisan) yang bermakna
·
Siswa menulis sajak yang mengandung gaya
bahasa, irama (wirahma) dan purwakanti dalam pembacaannya
·
Siswa memper-baiki atau me-nyempurnakan naskah sajak
·
Siswa merenca-nakan tulisan dalam kerangka karangan
|
·
Dapat menulis sajak sederhana
·
Dapat memilih kata-kata (diksi) dengan
tepat
·
Dapat menulis larik-larik (padalisan) yang
bermakna
·
Dapat menulis sajak yang mengandung gaya bahasa, irama
(wirahma) dan purwakanti dalam pembacaannya
·
Dapat memperbaiki atau menyempurnakan
naskah sajakDapat merencanakan tulisan dalam kerangka karangan
|
· Tes
· Non tes
· Tugas harian
|
- Essay
- Obyektif
- Performance
|
Penugasan
Bermain peran
Demonstarasi
Tanya jawab
Ceramah
Diskusi
|
4 Jampel
|
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
Kaset
|
Mampu membaca, memahami dan menanggapi bentuk dan
jenis wacana sejarah lokal/babad, wacana percakapan, wacana dongeng dan
carita pondok
|
Membaca sejarah
lokal/babad
|
Babad
|
·
Siswa memahami isi wacana atau cerita
·
Siswa memahami kedudukan dan peranan tokoh-tokoh
·
Siswa memahami hubungan kausalitas antarperistiwa kesejarahan
·
Siswa memahami pertautan antara tokoh, peristiwa dengan wilayah setempat
|
·
Dapat memahami isi wacana atau cerita
·
Dapat memahami kedudukan dan peranan
tokoh-tokoh
·
Dapat memahami hubungan kausalitas
antarperistiwa kesejarahan
·
Dapat memahami pertautan antara tokoh,
peristiwa dengan wilayah setempat
|
· Tes
· Non tes
· Tugas harian
|
- Essay
- Obyektif
- Performance
|
Penugasan
Bermain peran
Demonstarasi
Tanya jawab
Ceramah
Diskusi
|
4 Jampel
|
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
Kaset
|
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan
keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis pengalaman, biografi, sajak,
bahasan dan menulis berita.
|
Menulis biografi
|
Biografi
|
·
Siswa memilih tokoh dengan kriteria yang tepat
·
Siswa merencana-kan tulisan dalam kerangka karangan
·
Siswa menunjuk-kan pentingnya tokoh yang ditulis
·
Siswa memilih peristiwa penting dari kehidupan tokoh
·
Siswa mencerita-kan (naratif) riwayat hidup tokoh secara kronologis
·
Siswa memper-baiki atau me-nyempurnakan naskah biografi
|
·
Dapat memilih tokoh dengan kriteria yang
tepat
·
Dapat merencanakan tulisan dalam kerangka
karangan
·
Dapat menunjukkan pentingnya tokoh yang
ditulis
·
Dapat memilih peristiwa penting dari
kehidupan tokoh
·
Dapat menceritakan (naratif) riwayat hidup
tokoh secara
Kronologis
·
Dapat memperbaiki atau menyempurnakan
naskah biografi
|
· Tes
· Non tes
· Tugas harian
|
- Essay
- Obyektif
- Performance
|
Penugasan
Bermain peran
Demonstarasi
Tanya jawab
Ceramah
Diskusi
|
4 Jampel
|
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
Kaset
|
Mampu mengungkap-kan pikiran, perasaan dan
keinginan secara lisan dalam bercerita tentang pengalaman, menyampai-kan
pengumuman, bertelepon, menyampaikan bahasan, menceritakan tokoh dan
bercakap-cakap dengan teman
|
Mencerita-kan tokoh idola
|
Tokoh idola
|
·
Siswa memilih tokoh idola dengan pertimbangan yang baik
·
Siswa menjelas-kan kelebihan tokoh idola
·
Siswa menjelas-kan makna kelebihan atau keunggulan itu
·
Siswa menanggapi berbagai aspek terpuji dan keteladanan tokoh idola
·
Dapat menjawab pertanyaan tentang tokoh
idola
|
·
Dapat memilih tokoh idola dengan
pertimbangan yang baik
·
Dapat menjelaskan kelebihan tokoh idola
·
Dapat menjelaskan makna kelebihan atau
keunggulan itu
·
Dapat menanggapi berbagai aspek terpuji dan
keteladanan tokoh idola
·
Dapat menjawab pertanyaan tentang tokoh
idola
|
· Tes
· Non tes
· Tugas harian
|
- Essay
- Obyektif
- Performance
|
Penugasan
Bermain peran
Demonstarasi
Tanya jawab
Ceramah
Diskusi
|
4 Jampel
|
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
Kaset
|
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan
keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis pengalaman, biografi, sajak,
bahasan dan menulis berita.
|
Menulis karangan eksposisi
(bahasan)
|
Karangan
eksposisi
|
·
Siswa memilih topik (jejer) yang cocok untuk karangan eksposisi
·
Siswa merencana-kan tulisan dalam kerangka karangan
·
Siswa menulis bagian pembukaan dengan jelas
·
Siswa menerangkan prosedur, langkah-langkah atau proses secara sistematis
·
Siswa menerang-kan tiap prosedur,
langkah atau proses dengan jelas dan singkat
·
Siswa menggunakan bahasa yang lugas, kata yang tepat, dan kalimat-kalimat
yang efektif
·
Siswa menulis bagian penutup dan kesimpulan dengan baik
·
Siswa mem-perbaiki atau menyempurnakan naskah bahasan
|
·
Dapat memilih topik (jejer) yang cocok
untuk karangan eksposisi
·
Dapat merencanakan tulisan dalam kerangka
karangan
·
Dapat menulis bagian pembukaan dengan jelas
·
Dapat menerangkan prosedur, langkah-langkah
atau proses secara sistematis
·
Dapat menerangkan tiap prosedur, langkah atau proses dengan jelas
dan singkat
·
Dapat menggunakan bahasa yang lugas, kata
yang tepat, dan kalimat-kalimat yang efektif
·
Dapat menulis bagian penutup dan kesimpulan
dengan baik
·
Dapat memperbaiki atau menyempurnakan
naskah bahasan
|
· Tes
· Non tes
· Tugas harian
|
- Essay
- Obyektif
- Performance
|
Penugasan
Bermain peran
Demonstarasi
Tanya jawab
Ceramah
Diskusi
|
4 Jampel
|
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
Kaset
|
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan
keinginan secara lisan dalam bercerita tentang pengalaman, menyampaikan
pengumuman, bertelepon, menyampaikan bahasan, menceritakan tokoh dan
bercakap-cakap dengan teman
|
Menyampai-kan bahasan
|
Bahasan
|
·
Siswa memilih topik bahasan yang penting atau berguna
·
Siswa memulai bahasan dengan pembukaan yang baik
·
Siswa menyajikan bagian-bagian bahasan dengan susunan yang sistematis
·
Siswa menyajikan bahasan dengan bahasa, pilihan kata atau kalimat-kalimat
efektif
·
Siswa berbicara dengan penampilan yang baik
·
Siswa mengakhiri bahasan dengan penutup yang baik
·
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang isi bahasan
|
·
Dapat memilih topik bahasan yang penting
atau berguna
·
Dapat memulai bahasan dengan pembukaan yang
baik
·
Dapat menyajikan bagian-bagian bahasan dengan
susunan yang sistematis
·
Dapat menyajikan bahasan dengan bahasa,
pilihan kata atau kalimat-kalimat efektif
·
Dapat berbicara dengan penampilan yang baik
·
Dapat mengakhiri bahasan dengan penutup
yang baik
·
Dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan
tentang isi bahasan
|
· Tes
· Non tes
· Tugas harian
|
- Essay
- Obyektif
- Performance
|
Penugasan
Bermain peran
Demonstarasi
Tanya jawab
Ceramah
Diskusi
|
4 Jampel
|
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
Kaset
|
Mampu membaca, memahami dan menanggapi bentuk dan
jenis wacana sejarah lokal/babad, wacana percakapan, wacana dongeng dan
carita pondok
|
Membaca cerita pendek
|
Corpon
|
·
Siswa membaca carita pondok dengan lafal dan intonasi yang baik
·
Siswa menceritakan ringkasan carita pondok dalam parafrase
·
Siswa memahami isi carita pondok
·
Siswa menanggapi carita pondok atas berbagai aspeknya
|
·
Dapat membaca carita pondok dengan lafal
dan intonasi yang baik
·
Dapat menceritakan ringkasan carita pondok
dalam parafrase
·
Dapat memahami isi carita pondok
·
Dapat menanggapi carita pondok atas
berbagai aspeknya
|
· Tes
· Non tes
· Tugas harian
|
- Essay
- Obyektif
- Performance
|
Penugasan
Bermain peran
Demonstarasi
Tanya jawab
Ceramah
Diskusi
|
4 Jampel
|
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
Kaset
|
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan
keinginan secara lisan dalam bercerita tentang pengalaman, menyampaikan
pengumuman, bertelepon, menyampaikan bahasan, menceritakan tokoh dan
bercakap-cakap dengan teman
|
Berbicara melalui telepon
|
Telepon
|
·
Siswa memilih dan mengucapkan salam pembuka atau membalas salam pembuka dengan baik
·
Siswa berbicara dengan volume suara dan intonasi yang baik
·
Siswa mengung-kapkan maksud dengan singkat dan jelas
·
Siswa menjawab pertanyaan mitra bicara dengan singkat dan jelas
·
Siswa mengguna-kan bahasa secara efektif dan santun
·
Siswa menyem-purnakan pembicaraan dengan telepon
|
·
Dapat memilih dan mengucapkan salam pembuka
atau membalas salam pembuka dengan
baik
·
Dapat berbicara dengan volume suara dan
intonasi yang baik
·
Dapat mengungkapkan maksud dengan singkat
dan jelas
·
Dapat menjawab pertanyaan mitra bicara
dengan singkat dan jelas
·
Dapat menggunakan bahasa secara efektif dan
santun
·
Dapat menyempurnakan pembicaraan dengan
telepon
|
· Tes
· Non tes
· Tugas harian
|
- Essay
- Obyektif
- Performance
|
Penugasan
Bermain peran
Demonstarasi
Tanya jawab
Ceramah
Diskusi
|
4 Jampel
|
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
Kaset
|
Sukabumi, Juli 2012
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah,
……………………………… ………………………………
NIP.
0 komentar:
Posting Komentar