MAMAN SBI THEA

bahan ajar kelas 3

Jumat, 27 Juli 2012

KTSP BAHASA SUNDA SMP KLS VII


SBI LOG 2.pngKURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

SMPN BERTARAF INTERNASIONAL KAB. SUKABUMI

                                       Mata pelajaran          : Bahasa Sunda
                                       Kelas / Semester       : VII/ I

STANDAR KOMPETENSI/
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
KARAKTER BANGSA
PENGALAMAN BELAJAR
INDIKATOR
Mampu menyimak, memahami dan menanggapi berbagai wacana percakapan, dongeng dan pupujian


Menyimak penggalan-penggalan percakapan (rekaman; dibacakan)
Percakapan

Dengan cermat
·      Siswa dapat menyimak sebuah percakapan dengan baik
·      Siswa dapat memahmi isi percakapan dengan baik
·      Siswa dapat menafsirkan berbagai hal berkenaan dengan percakapan


·         menyimak dengan sikap yang baik
·         menyimpulkan topik percakapan
·         menyebutkan bagian-bagian isi percakapan
·         menafsirkan maksud percakapan

Mampu membaca, memahami dan menanggapi bentuk dan jenis wacana sejarah lokal/babad, wacana percakapan, wacana dongeng dan carita pondok
Membaca teks percakapan
Percakapan

Dengan baik
·   Siswa  membaca-kan teks percakap-an dengan lafal, volume suara serta intonasi yang baik
·   Siswa  membaca kalimat kedua tokoh dengan penjiwaan yang berbeda
·   Siswa  menjawab pertanyaan-pertanyaan bersangkutan dengan pembacaan teks
·   Siswa  memper-baiki  atau menyempurnakan pembacaan teks percakapan


·         Dapat membacakan teks percakapan dengan lafal, volume suara serta intonasi yang baik
·         Dapat membaca kalimat kedua tokoh dengan penjiwaan yang berbeda
·         Dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan bersangkutan dengan pembacaan teks
·         Dapat memperbaiki atau menyempurnakan pembacaan teks percakapan
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam bercerita tentang pengalaman, menyampaikan pengumuman, bertelepon, menyampaikan bahasan, menceritakan tokoh dan bercakap-cakap dengan teman
Bercakap-cakap dengan teman sekelas
Percakapan

Dengan baik/santun
·   Siswa melakukan percakapan dengan lafal, volume suara dan intonasi yang baik
·   Siswa bercakap-cakap dengan sikap, gerak dan mimik yang baik
·   Siswa memilih pokok-pokok percakapan yang pantas
·   Siswa menyempur-nakan bahasa atau kalimat-kalimat percakapan


·         melakukan percakapan dengan lafal, volume suara dan intonasi yang baik
·         bercakap-cakap dengan sikap, gerak dan mimik yang baik
·         memilih pokok-pokok percakapan yang pantas
·         menyempurnakan bahasa atau kalimat-kalimat percakapan
·          
Mampu menyimak, memahami dan menanggapi berbagai wacana percakapan, dongeng dan pupujian
Menyimak pembacaan dongeng
Dongeng
Dengan cermat
·   Siswa menyimak dengan baik
·   Siswa menyebutkan tokoh-tokoh cerita
·   Siswa menyebutkan peristiwa-peristiwa cerita yang membentuk alur (galur carita )
·   Siswa menyebut atau menyimpulkan latar (setting)

·         Dapat menyimak dengan baik
·         Dapat menyebutkan tokoh-tokoh cerita
·         Dapat menyebutkan peristiwa-peristiwa cerita yang membentuk alur (galur carita )
·         Dapat menyebut atau menyimpulkan latar (setting)
Mampu membaca, memahami dan menanggapi bentuk dan jenis wacana sejarah lokal/babad, wacana percakapan, wacana dongeng dan carita pondok
Membaca dongeng
Dongeng
Dengan baik
·   Siswa membaca dongeng eksposisi dengan lafal serta intonasi yang baik dan benar
·   Siswa memahami isi (detil) dongeng
·   Siswa menyimpul-kan tema dongeng
·   Siswa menanggapi segi-segi isi, bahasa wacana dongeng


·         Dapat membaca dongeng eksposisi dengan lafal serta intonasi yang baik dan benar
·         Dapat memahami isi (detil) dongeng
·         Dapat menyimpulkan tema dongeng
·         Dapat menanggapi segi-segi isi, bahasa wacana dongeng
·          
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis pengalaman, biografi, sajak, bahasan dan menulis berita.
Menulis pengalaman
Pangalaman
Dengan teliti
·   Siswa menentukan  topik/jejer yang terpilih
·   Siswa merencanakan tulisan dalam kerangka karangan
·   Siswa memilih atau menceritakan peristiwa penting, bermanfaat, serta menarik
·   Siswa mengungkap-kan pengalaman dengan kalimat-kalimat efektif
·   Siswa menyusun wacana dalam paragraf yang padu
·   Siswa menyempur-nakan karangan pengalaman

·         Dapat menentukan  topik/jejer yang terpilih
·         Dapat merencanakan tulisan dalam kerangka karangan
·         Dapat memilih atau menceritakan peristiwa penting, bermanfaat, serta menarik
·         Dapat mengungkapkan pengalaman dengan kalimat-kalimat efektif
·         Dapat menyusun wacana dalam paragraf yang padu
·         Dapat menyempurnakan karangan pengalaman
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam bercerita tentang pengalaman, menyampaikan pengumuman, bertelepon, menyampaikan bahasan, menceritakan tokoh dan bercakap-cakap dengan teman
Menceritakan pengalaman
Pangalaman
Dengan baik
·   Siswa memilih topik yang paling menarik atau paling penting
·   Siswa menyampai-kan pembukaan dengan baik dan menarik
·   Siswa menceritakan peristiwa pengalaman-pengalaman dalam rangkaian yang sistematis
·   Siswa menggunakan bahasa atau kalimat-kalimat yang jelas dan santun
·   Siswa bercerita dengan penampilan yang baik
·   Siswa mengakhiri penceritaan dengan bagian penutup yang baik
·   Siswa memperbaiki atau menyempurnakan penceritaan

·         Dapat memilih topik yang paling menarik atau paling penting
·         Dapat menyampaikan pembukaan dengan baik dan menarik
·         Dapat menceritakan peristiwa pengalaman-pengalaman dalam rangkaian yang sistematis
·         Dapat menggunakan bahasa atau kalimat-kalimat yang jelas dan santun
·         Dapat bercerita dengan penampilan yang baik
·         Dapat mengakhiri penceritaan dengan bagian penutup yang baik
·         Dapat memperbaiki atau menyempurnakan penceritaan
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis pengalaman, biografi, sajak, bahasan dan menulis berita.
Menulis berita
Berita
Dengan teliti
·   Siswa menghimpun /memilih beberapa berita penting dari surat kabar selama seminggu terakhir, atau dari sumber lain (majalah, media elektronik) untuk ditulis
·   Siswa menulis bagian pembukaan dengan jelas dan baik
·   Siswa menulis kembali tiap wacana dengan jelas dan lengkap sebagai berita
·   Siswa menulis dengan bahasa yang lugas
·   Siswa memperbaiki atau menyempurnakan naskah berita

·         Dapat menghimpun/memilih beberapa berita penting dari surat kabar selama seminggu terakhir, atau dari sumber lain (majalah, media elektronik) untuk ditulis
·         Dapat menulis bagian pembukaan dengan jelas dan baik
·         Dapat menulis kembali tiap wacana dengan jelas dan lengkap sebagai berita
·         Dapat menulis dengan bahasa yang lugas
·         Dapat memperbaiki atau menyempurnakan naskah berita
·          
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam bercerita tentang pengalaman, menyampaikan pengumuman, bertelepon, menyampaikan bahasan, menceritakan tokoh dan bercakap-cakap dengan teman
Menyampaikan pengumuman (wawaran)
Wawaran
Dengan baik
§ Siswa menyampaikan / meng-ucapkan pengumuman dengan lafal, volume suara, dan intonasi yang baik
§ Siswa menyampai-kan pengumuman yang isinya jelas/tidak meragukan
§ Siswa menggunakan kalimat-kalimat efektif dan singkat
§ Siswa menjawab atau memberikan keterangan atas pertanyaan tentang isi pengumuman
§ Siswa menyampai-kan pengumuman dengan sikap/penampilan yang baik

§  Dapat menyampaikan / meng-ucapkan pengumuman dengan lafal, volume suara, dan intonasi yang baik
§  Dapat menyampaikan pengumuman yang isinya jelas/tidak meragukan
§  Dapat menggunakan kalimat-kalimat efektif dan singkat
§  Dapat menjawab atau memberikan keterangan atas pertanyaan tentang isi pengumuman
§  Dapat menyampaikan pengumuman dengan sikap/penampilan yang baik
Mampu menggunakan aksara Sunda secara tertulis
Menulis dan membaca aksara sunda
Aksara Sunda
Dengan benar
·   Siswa menuliskan Aksara Sunda (vocal)
·   Siswa menuliskan Aksara Sunda (konsonan)
·   Siswa menuliskan rarangken dalam aksara Sunda
·   Siswa menulis kata dengan aksara Sunda
·   Siswa menulis kalimat dengan aksara Sunda
·   Siswa membaca kata-kata yang ditulis dalam aksara Sunda

·         Dapat menuliskan Aksara Sunda (vocal)
·         Dapat menuliskan Aksara Sunda (konsonan)
·         Dapat menuliskan rarangken dalam aksara Sunda
·         Dapat menulis kata dengan aksara Sunda
·         Dapat menulis kalimat dengan aksara Sunda
·         Dapat membaca kata-kata yang ditulis dalam aksara Sunda

                              Sukabumi,     Juli 2012
               Mengetahui                 Guru Mata Pelajaran
               Kepala Sekolah,




               ………………………………                                                                                                                                                                              ……………………………..
               NIP. 

SBI LOG 2.pngKURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

SMPN BERTARAF INTERNASIONAL KAB. SUKABUMI

                                       Mata pelajaran          : Bahasa Sunda
                                       Kelas / Semester       : VII/ 2

STANDAR KOMPETENSI/
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
KARAKTER BANGSA
PENGALAMAN BELAJAR
INDIKATOR
Mampu menyimak, memahami dan menanggapi berbagai wacana percakapan, dongeng dan pupujian
Menyimak pembacaan Pupujian
Pupujian
Dengan benar
·   Siswa menyimak dengan sikap yang baik
·   Siswa menyanyi-kan puisi pupujian dengan lagu yang sudah lazim, sendiri atau     bersama-sama
·   Siswa memahami isi pupujian
·   Siswa mencerita-kan isi pupujian dalam paraphrase
·   Siswa menanggapi berbagai aspek puisi pupujian dalam diskusi
·           Dapat menyimak dengan sikap yang baik
·           Dapat menyanyikan puisi pupujian dengan lagu yang sudah lazim, sendiri atau     bersama-sama
·           Dapat  memahami isi pupujian
·           Dapat menceritakan isi pupujian dalam paraphrase
·           Dapat menanggapi berbagai aspek puisi pupujian dalam diskusi
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis pengalaman, biografi, sajak, bahasan dan menulis berita
Menulis Sajak
Sajak
Secara apik
·   Siswa menulis sajak sederhana
·   Siswa memilih kata-kata (diksi) dengan tepat
·   Siswa menulis larik-larik (padalisan) yang bermakna
·   Siswa menulis sajak yang mengandung gaya bahasa, irama (wirahma) dan purwakanti dalam pembacaannya
·   Siswa memper-baiki atau me-nyempurnakan naskah sajak
·   Siswa merenca-nakan tulisan dalam kerangka karangan
·         Dapat menulis sajak sederhana
·         Dapat memilih kata-kata (diksi) dengan tepat
·         Dapat menulis larik-larik (padalisan) yang bermakna
·         Dapat menulis sajak yang mengandung gaya bahasa, irama (wirahma) dan purwakanti dalam pembacaannya
·         Dapat memperbaiki atau menyempurnakan naskah sajakDapat merencanakan tulisan dalam kerangka karangan
·          
Mampu membaca, memahami dan menanggapi bentuk dan jenis wacana sejarah lokal/babad, wacana percakapan, wacana dongeng dan carita pondok
Membaca sejarah lokal/babad
Babad
Dengan benar
·   Siswa memahami isi wacana atau cerita
·   Siswa memahami kedudukan dan peranan tokoh-tokoh
·   Siswa memahami hubungan kausalitas antarperistiwa kesejarahan
·   Siswa memahami pertautan antara tokoh, peristiwa dengan wilayah setempat
·         Dapat memahami isi wacana atau cerita
·         Dapat memahami kedudukan dan peranan tokoh-tokoh
·         Dapat memahami hubungan kausalitas antarperistiwa kesejarahan
·         Dapat memahami pertautan antara tokoh, peristiwa dengan wilayah setempat
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis pengalaman, biografi, sajak, bahasan dan menulis berita.
Menulis biografi
Biografi
Dengan cermat
·   Siswa memilih tokoh dengan kriteria yang tepat
·   Siswa merencana-kan tulisan dalam kerangka karangan
·   Siswa menunjuk-kan pentingnya tokoh yang ditulis
·   Siswa memilih peristiwa penting dari kehidupan tokoh
·   Siswa mencerita-kan (naratif) riwayat hidup tokoh secara kronologis
·   Siswa memper-baiki atau me-nyempurnakan naskah biografi
·         Dapat memilih tokoh dengan kriteria yang tepat
·         Dapat merencanakan tulisan dalam kerangka karangan
·         Dapat menunjukkan pentingnya tokoh yang ditulis
·         Dapat memilih peristiwa penting dari kehidupan tokoh
·         Dapat menceritakan (naratif) riwayat hidup tokoh secara
Kronologis
·         Dapat memperbaiki atau menyempurnakan naskah biografi
·          
Mampu mengungkap-kan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam bercerita tentang pengalaman, menyampai-kan pengumuman, bertelepon, menyampaikan bahasan, menceritakan tokoh dan bercakap-cakap dengan teman
Menceritakan tokoh idola
Tokoh idola
Dengan baik
·   Siswa memilih tokoh idola dengan pertimbangan yang baik
·   Siswa menjelas-kan kelebihan tokoh idola
·   Siswa menjelas-kan makna kelebihan atau keunggulan itu
·   Siswa menanggapi berbagai aspek terpuji dan keteladanan tokoh idola
·   Dapat menjawab pertanyaan tentang tokoh idola
·         Dapat memilih tokoh idola dengan pertimbangan yang baik
·         Dapat menjelaskan kelebihan tokoh idola
·         Dapat menjelaskan makna kelebihan atau keunggulan itu
·         Dapat menanggapi berbagai aspek terpuji dan keteladanan tokoh idola
·         Dapat menjawab pertanyaan tentang tokoh idola
·          
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis pengalaman, biografi, sajak, bahasan dan menulis berita.
Menulis karangan eksposisi (bahasan)
Karangan eksposisi
Dengan teliti
·   Siswa memilih topik (jejer) yang cocok untuk karangan eksposisi
·   Siswa merencana-kan tulisan dalam kerangka karangan
·   Siswa menulis bagian pembukaan dengan jelas
·   Siswa menerangkan prosedur, langkah-langkah atau proses secara sistematis
·   Siswa menerang-kan tiap  prosedur, langkah atau proses dengan jelas dan singkat
·   Siswa menggunakan bahasa yang lugas, kata yang tepat, dan kalimat-kalimat yang efektif
·   Siswa menulis bagian penutup dan kesimpulan dengan baik
·   Siswa mem-perbaiki atau menyempurnakan naskah bahasan


·         Dapat memilih topik (jejer) yang cocok untuk karangan eksposisi
·         Dapat merencanakan tulisan dalam kerangka karangan
·         Dapat menulis bagian pembukaan dengan jelas
·         Dapat menerangkan prosedur, langkah-langkah atau proses secara sistematis
·         Dapat menerangkan tiap  prosedur, langkah atau proses dengan jelas dan singkat
·         Dapat menggunakan bahasa yang lugas, kata yang tepat, dan kalimat-kalimat yang efektif
·         Dapat menulis bagian penutup dan kesimpulan dengan baik
·         Dapat memperbaiki atau menyempurnakan naskah bahasan
·          
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam bercerita tentang pengalaman, menyampaikan pengumuman, bertelepon, menyampaikan bahasan, menceritakan tokoh dan bercakap-cakap dengan teman
Menyampaikan bahasan
Bahasan
Dengan baik
·   Siswa memilih topik bahasan yang penting atau berguna
·   Siswa memulai bahasan dengan pembukaan yang baik
·   Siswa menyajikan bagian-bagian bahasan dengan susunan yang sistematis
·   Siswa menyajikan bahasan dengan bahasa, pilihan kata atau kalimat-kalimat efektif
·   Siswa berbicara dengan penampilan yang baik
·   Siswa mengakhiri bahasan dengan penutup yang baik
·   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang isi bahasan
·         Dapat memilih topik bahasan yang penting atau berguna
·         Dapat memulai bahasan dengan pembukaan yang baik
·         Dapat menyajikan bagian-bagian bahasan dengan susunan yang sistematis
·         Dapat menyajikan bahasan dengan bahasa, pilihan kata atau kalimat-kalimat efektif
·         Dapat berbicara dengan penampilan yang baik
·         Dapat mengakhiri bahasan dengan penutup yang baik
·         Dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang isi bahasan
·          
Mampu membaca, memahami dan menanggapi bentuk dan jenis wacana sejarah lokal/babad, wacana percakapan, wacana dongeng dan carita pondok
Membaca cerita pendek
Corpon
Dengan baik
·   Siswa membaca carita pondok dengan lafal dan intonasi yang baik
·   Siswa menceritakan ringkasan carita pondok dalam parafrase
·   Siswa memahami isi carita pondok
·   Siswa menanggapi carita pondok atas berbagai aspeknya
·         Dapat membaca carita pondok dengan lafal dan intonasi yang baik
·         Dapat menceritakan ringkasan carita pondok dalam parafrase
·         Dapat memahami isi carita pondok
·         Dapat menanggapi carita pondok atas berbagai aspeknya
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam bercerita tentang pengalaman, menyampaikan pengumuman, bertelepon, menyampaikan bahasan, menceritakan tokoh dan bercakap-cakap dengan teman
Berbicara melalui telepon
Telepon
Dengan sopan
·   Siswa memilih dan mengucapkan salam pembuka atau membalas salam pembuka   dengan baik

·   Siswa berbicara dengan volume suara dan intonasi yang baik
·   Siswa mengung-kapkan maksud dengan singkat dan jelas
·   Siswa menjawab pertanyaan mitra bicara dengan singkat dan jelas
·   Siswa mengguna-kan bahasa secara efektif dan santun
·   Siswa menyem-purnakan pembicaraan dengan telepon
·         Dapat memilih dan mengucapkan salam pembuka atau membalas salam pembuka   dengan baik
·         Dapat berbicara dengan volume suara dan intonasi yang baik
·         Dapat mengungkapkan maksud dengan singkat dan jelas
·         Dapat menjawab pertanyaan mitra bicara dengan singkat dan jelas
·         Dapat menggunakan bahasa secara efektif dan santun
·         Dapat menyempurnakan pembicaraan dengan telepon
·          

                              Sukabumi,     Juli 2012
               Mengetahui                 Guru Mata Pelajaran
               Kepala Sekolah,



               ………………………………                 …………………………………
               NIP. 

PROGRAM  TAHUNAN

NO.
KELAS
SEMESTER
MATERI POKOK
KOMPETENSI DASAR
1.
VII
Ganjil  ( I )
Percakapan
Menyimak penggalan-penggalan percakapan (rekaman; dibacakan)



Percakapan
Membaca teks percakapan



Percakapan
Bercakap-cakap dengan teman sekelas



Dongeng
Menyimak pembacaan dongeng



Dongeng
Membaca dongeng



Pangalanman
Menulis pengalaman



Pangalanman
Menceritakan pengalaman



Berita
Menulis berita



Wawaran
Menyampaikan pengumuman (wawaran)



Aksara Sunda
Menulis dan membaca aksara sunda
2.

Genap  ( 2 )
Pupujian
Menyimak pembacaan Pupujian



Sajak
Menulis Sajak



Babad
Membaca sejarah lokal/babad



Biografi
Menulis biografi



Tokoh idola
Mencerita-kan tokoh idola



Karangan eksposisi
Menulis karangan eksposisi (bahasan)



Bahasan
Menyampai-kan bahasan



Corpon
Membaca cerita pendek



Telepon
Berbicara melalui telepon




PROGRAM  SEMESTER

NO.

KELAS

SEM.

KOMPETENSI DASAR

BULAN / MINGGU KE …
JULI
AGUSTUS
SEPTEMBER
OKTOBER
NOPEMBER
DESEMBER
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1.
VII
Ganjil  ( I )
Menyimak penggalan-penggalan percakapan (rekaman; dibacakan)


Ö
Ö
























Membaca teks percakapan




Ö
Ö






















Bercakap-cakap dengan teman sekelas






X
Ö
Ö



















Menyimak pembacaan dongeng









Ö
Ö

















Membaca dongeng











X
X
Ö
Ö













Menulis pengalaman















Ö
Ö











Menceritakan pengalaman

















Ö
Ö









Menulis berita



















Ö
Ö







Menyampaikan pengumuman (wawaran)





















Ö
Ö





Menulis dan membaca aksara sunda























Ö




ULANGAN BLOK
























Ö
   Keterangan: X = Libur awal Shaum dan Idul Fitri










NO.

KELAS

SEM.

KOMPETENSI DASAR

BULAN / MINGGU KE …
JANUARI
PEBRUARI
MARET
APRIL
MEI
JUNI
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
2.
VII
Genap  ( 2 )
Menyimak pembacaan Pupujian
X
Ö
Ö
Ö
























Menulis Sajak




Ö
Ö






















Membaca sejarah lokal/babad






Ö
Ö




















Menulis biografi








Ö
Ö


















Mencerita-kan tokoh idola










Ö
Ö
















Menulis karangan eksposisi (bahasan)












Ö
Ö














Menyampaikan bahasan














Ö
X
Ö











Membaca cerita pendek

















Ö
Ö









Berbicara melalui telepon



















Ö
Ö




   Keterangan: X = Libur Semester Ganjil & Perkiraan UN
                              Sukabumi,     Juli 2012
               Mengetahui                 Guru Mata Pelajaran
               Kepala Sekolah,




               …………………………….               ………………………………
               NIP. 


SBI LOG 2.pngSILABUS DAN SISTEM PENILAIAN



                                       Mata pelajaran          : Bahasa Sunda
                                       Kelas / Semester       : VII/ I

STANDAR KOMPETENSI/
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
PENGALAMAN BELAJAR
INDIKATOR
PENILAIAN
METODE/ TEKNIK
ALOKASI WAKTU
SUMBER/ ALAT/ BAHAN
JENIS TAGIHAN
BENTUK INSTRUMEN
Mampu menyimak, memahami dan menanggapi berbagai wacana percakapan, dongeng dan pupujian


Menyimak penggalan-penggalan percakapan (rekaman; dibacakan)
Percakapan

·      Siswa dapat menyimak sebuah percakapan dengan baik
·      Siswa dapat memahmi isi percakapan dengan baik
·      Siswa dapat menafsirkan berbagai hal berkenaan dengan percakapan
·         menyimak dengan sikap yang baik
·         menyimpulkan topik percakapan
·         menyebutkan bagian-bagian isi percakapan
·         menafsirkan maksud percakapan
·   Tes
·   Non tes
·   Tugas harian

-       Essay
-       Performance

Penugasan
Bermain peran
Tanya jawab
Ceramah

4 Jampel
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
Kaset

Mampu membaca, memahami dan menanggapi bentuk dan jenis wacana sejarah lokal/babad, wacana percakapan, wacana dongeng dan carita pondok
Membaca teks percakapan
Percakapan

·   Siswa  membaca-kan teks percakap-an dengan lafal, volume suara serta intonasi yang baik
·   Siswa  membaca kalimat kedua tokoh dengan penjiwaan yang berbeda
·   Siswa  menjawab pertanyaan-pertanyaan bersangkutan dengan pembacaan teks
·   Siswa  memper-baiki  atau menyempurnakan pembacaan teks percakapan


·         Dapat membacakan teks percakapan dengan lafal, volume suara serta intonasi yang baik
·         Dapat membaca kalimat kedua tokoh dengan penjiwaan yang berbeda
·         Dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan bersangkutan dengan pembacaan teks
·         Dapat memperbaiki atau menyempurnakan pembacaan teks percakapan
·   Tes
·   Non tes
·   Tugas harian

-       Essay
-       Performance

Penugasan
Bermain peran
Tanya jawab

4 Jampel
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
Kaset

Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam bercerita tentang pengalaman, menyampaikan pengumuman, bertelepon, menyampaikan bahasan, menceritakan tokoh dan bercakap-cakap dengan teman
Bercakap-cakap dengan teman sekelas
Percakapan

·   Siswa melakukan percakapan dengan lafal, volume suara dan intonasi yang baik
·   Siswa bercakap-cakap dengan sikap, gerak dan mimik yang baik
·   Siswa memilih pokok-pokok percakapan yang pantas
·   Siswa menyempur-nakan bahasa atau kalimat-kalimat percakapan


·         melakukan percakapan dengan lafal, volume suara dan intonasi yang baik
·         bercakap-cakap dengan sikap, gerak dan mimik yang baik
·         memilih pokok-pokok percakapan yang pantas
·         menyempurnakan bahasa atau kalimat-kalimat percakapan
·   Tes
·   Non tes
·   Tugas harian

-       Essay
-       Performance

Penugasan
Bermain peran
Tanya jawab
Diskusi

4 Jampel
Wacana
Buku pegangan

Mampu menyimak, memahami dan menanggapi berbagai wacana percakapan, dongeng dan pupujian
Menyimak pembacaan dongeng
Dongeng
·   Siswa menyimak dengan baik
·   Siswa menyebutkan tokoh-tokoh cerita
·   Siswa menyebutkan peristiwa-peristiwa cerita yang membentuk alur (galur carita )
·   Siswa menyebut atau menyimpulkan latar (setting)



·         Dapat menyimak dengan baik
·         Dapat menyebutkan tokoh-tokoh cerita
·         Dapat menyebutkan peristiwa-peristiwa cerita yang membentuk alur (galur carita )
·         Dapat menyebut atau menyimpulkan latar (setting)
·   Tes
·   Non tes
·   Tugas harian

-       Essay
-       Obyektif

Penugasan
Tanya jawab
Ceramah
Diskusi

4 Jampel
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
Kumpulan dongeng
Mampu membaca, memahami dan menanggapi bentuk dan jenis wacana sejarah lokal/babad, wacana percakapan, wacana dongeng dan carita pondok
Membaca dongeng
Dongeng
·   Siswa membaca dongeng eksposisi dengan lafal serta intonasi yang baik dan benar
·   Siswa memahami isi (detil) dongeng
·   Siswa menyimpul-kan tema dongeng
·   Siswa menanggapi segi-segi isi, bahasa wacana dongeng


·         Dapat membaca dongeng eksposisi dengan lafal serta intonasi yang baik dan benar
·         Dapat memahami isi (detil) dongeng
·         Dapat menyimpulkan tema dongeng
·         Dapat menanggapi segi-segi isi, bahasa wacana dongeng
·   Tes
·   Non tes
·   Tugas harian

-       Essay
-       Obyektif
-       Performance

Penugasan
Demonstarasi
Tanya jawab


Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar

Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis pengalaman, biografi, sajak, bahasan dan menulis berita.
Menulis pengalaman
Pangalanm-an
·   Siswa menentukan  topik/jejer yang terpilih
·   Siswa merencanakan tulisan dalam kerangka karangan
·   Siswa memilih atau menceritakan peristiwa penting, bermanfaat, serta menarik
·   Siswa mengungkap-kan pengalaman dengan kalimat-kalimat efektif
·   Siswa menyusun wacana dalam paragraf yang padu
·   Siswa menyempur-nakan karangan pengalaman


·         Dapat menentukan  topik/jejer yang terpilih
·         Dapat merencanakan tulisan dalam kerangka karangan
·         Dapat memilih atau menceritakan peristiwa penting, bermanfaat, serta menarik
·         Dapat mengungkapkan pengalaman dengan kalimat-kalimat efektif
·         Dapat menyusun wacana dalam paragraf yang padu
·         Dapat menyempurnakan karangan pengalaman
·   Tes
·   Non tes
·   Tugas harian

-       Essay


Penugasan
Tanya jawab

4 Jampel
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar

Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam bercerita tentang pengalaman, menyampaikan pengumuman, bertelepon, menyampaikan bahasan, menceritakan tokoh dan bercakap-cakap dengan teman
Menceritakan pengalaman
Pangalanm-an
·   Siswa memilih topik yang paling menarik atau paling penting
·   Siswa menyampai-kan pembukaan dengan baik dan menarik
·   Siswa menceritakan peristiwa pengalaman-pengalaman dalam rangkaian yang sistematis
·   Siswa menggunakan bahasa atau kalimat-kalimat yang jelas dan santun
·   Siswa bercerita dengan penampilan yang baik
·   Siswa mengakhiri penceritaan dengan bagian penutup yang baik
·   Siswa memperbaiki atau menyempurnakan penceritaan


·         Dapat memilih topik yang paling menarik atau paling penting
·         Dapat menyampaikan pembukaan dengan baik dan menarik
·         Dapat menceritakan peristiwa pengalaman-pengalaman dalam rangkaian yang sistematis
·         Dapat menggunakan bahasa atau kalimat-kalimat yang jelas dan santun
·         Dapat bercerita dengan penampilan yang baik
·         Dapat mengakhiri penceritaan dengan bagian penutup yang baik
·         Dapat memperbaiki atau menyempurnakan penceritaan
·   Tes
·   Non tes
·   Tugas harian

-       Essay
-       Obyektif
-       Performance

Penugasan
Demonstarasi
Tanya jawab

4 Jampel
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar

Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis pengalaman, biografi, sajak, bahasan dan menulis berita.
Menulis berita
Berita
·   Siswa menghimpun /memilih beberapa berita penting dari surat kabar selama seminggu terakhir, atau dari sumber lain (majalah, media elektronik) untuk ditulis
·   Siswa menulis bagian pembukaan dengan jelas dan baik

·   Siswa menulis kembali tiap wacana dengan jelas dan lengkap sebagai berita
·   Siswa menulis dengan bahasa yang lugas
·   Siswa memperbaiki atau menyempurnakan naskah berita


·         Dapat menghimpun/memilih beberapa berita penting dari surat kabar selama seminggu terakhir, atau dari sumber lain (majalah, media elektronik) untuk ditulis
·         Dapat menulis bagian pembukaan dengan jelas dan baik
·         Dapat menulis kembali tiap wacana dengan jelas dan lengkap sebagai berita
·         Dapat menulis dengan bahasa yang lugas
·         Dapat memperbaiki atau menyempurnakan naskah berita
·   Tes
·   Non tes
·   Tugas harian

-       Essay
-       Obyektif

Penugasan
Tanya jawab
Ceramah
Diskusi

4 Jampel
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
Radio, TV

Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam bercerita tentang pengalaman, menyampaikan pengumuman, bertelepon, menyampaikan bahasan, menceritakan tokoh dan bercakap-cakap dengan teman
Menyampaikan pengumuman (wawaran)
Wawaran
§ Siswa menyampaikan / meng-ucapkan pengumuman dengan lafal, volume suara, dan intonasi yang baik
§ Siswa menyampai-kan pengumuman yang isinya jelas/tidak meragukan
§ Siswa menggunakan kalimat-kalimat efektif dan singkat
§ Siswa menjawab atau memberikan keterangan atas pertanyaan tentang isi pengumuman
§ Siswa menyampai-kan pengumuman dengan sikap/penampilan yang baik


§  Dapat menyampaikan / meng-ucapkan pengumuman dengan lafal, volume suara, dan intonasi yang baik
§  Dapat menyampaikan pengumuman yang isinya jelas/tidak meragukan
§  Dapat menggunakan kalimat-kalimat efektif dan singkat
§  Dapat menjawab atau memberikan keterangan atas pertanyaan tentang isi pengumuman
§  Dapat menyampaikan pengumuman dengan sikap/penampilan yang baik
·   Tes
·   Non tes
·   Tugas harian

-       Performance

Penugasan
Demonstarasi
Tanya jawab

4 Jampel
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar

Mampu menggunakan aksara Sunda secara tertulis
Menulis dan membaca aksara sunda
Aksara Sunda
·   Siswa menuliskan Aksara Sunda (vocal)
·   Siswa menuliskan Aksara Sunda (konsonan)
·   Siswa menuliskan rarangken dalam aksara Sunda
·   Siswa menulis kata dengan aksara Sunda
·   Siswa menulis kalimat dengan aksara Sunda
·   Siswa membaca kata-kata yang ditulis dalam aksara Sunda

·         Dapat menuliskan Aksara Sunda (vocal)
·         Dapat menuliskan Aksara Sunda (konsonan)
·         Dapat menuliskan rarangken dalam aksara Sunda
·         Dapat menulis kata dengan aksara Sunda
·         Dapat menulis kalimat dengan aksara Sunda
·         Dapat membaca kata-kata yang ditulis dalam aksara Sunda
·   Tes
·   Non tes
·   Tugas harian

-       Essay

Penugasan
Demonstarasi
Tanya jawab

6 Jampel
Buku pegangan



                              Sukabumi,     Juli 2012
               Mengetahui                 Guru Mata Pelajaran
               Kepala Sekolah,




               ……………………………….                 ……………………………….
               NIP. 

 

 














SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN



Mata pelajaran                : Bahasa Sunda
Kelas / Semester             : VII/ 2

STANDAR KOMPETENSI/
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
PENGALAMAN BELAJAR
INDIKATOR
PENILAIAN
METODE/ TEKNIK
ALOKASI WAKTU
SUMBER/ ALAT/ BAHAN
JENIS TAGIHAN
BENTUK INSTRUMEN
Mampu menyimak, memahami dan menanggapi berbagai wacana percakapan, dongeng dan pupujian
Menyimak pembacaan Pupujian
Pupujian
·   Siswa menyimak dengan sikap yang baik
·   Siswa menyanyi-kan puisi pupujian dengan lagu yang sudah lazim, sendiri atau     bersama-sama
·   Siswa memahami isi pupujian
·   Siswa mencerita-kan isi pupujian dalam paraphrase
·   Siswa menanggapi berbagai aspek puisi pupujian dalam diskusi
·           Dapat menyimak dengan sikap yang baik
·           Dapat menyanyikan puisi pupujian dengan lagu yang sudah lazim, sendiri atau     bersama-sama
·           Dapat  memahami isi pupujian
·           Dapat menceritakan isi pupujian dalam paraphrase
·           Dapat menanggapi berbagai aspek puisi pupujian dalam diskusi
·   Tes
·   Non tes
·   Tugas harian

-       Essay
-       Obyektif
-       Performance

Penugasan
Bermain peran
Demonstarasi
Tanya jawab
Ceramah
Diskusi

4 Jampel
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
Kaset

Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis pengalaman, biografi, sajak, bahasan dan menulis berita
Menulis Sajak
Sajak
·   Siswa menulis sajak sederhana
·   Siswa memilih kata-kata (diksi) dengan tepat
·   Siswa menulis larik-larik (padalisan) yang bermakna
·   Siswa menulis sajak yang mengandung gaya bahasa, irama (wirahma) dan purwakanti dalam pembacaannya
·   Siswa memper-baiki atau me-nyempurnakan naskah sajak
·   Siswa merenca-nakan tulisan dalam kerangka karangan
·         Dapat menulis sajak sederhana
·         Dapat memilih kata-kata (diksi) dengan tepat
·         Dapat menulis larik-larik (padalisan) yang bermakna
·         Dapat menulis sajak yang mengandung gaya bahasa, irama (wirahma) dan purwakanti dalam pembacaannya
·         Dapat memperbaiki atau menyempurnakan naskah sajakDapat merencanakan tulisan dalam kerangka karangan
·   Tes
·   Non tes
·   Tugas harian

-       Essay
-       Obyektif
-       Performance

Penugasan
Bermain peran
Demonstarasi
Tanya jawab
Ceramah
Diskusi

4 Jampel
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
Kaset

Mampu membaca, memahami dan menanggapi bentuk dan jenis wacana sejarah lokal/babad, wacana percakapan, wacana dongeng dan carita pondok
Membaca sejarah lokal/babad
Babad
·   Siswa memahami isi wacana atau cerita
·   Siswa memahami kedudukan dan peranan tokoh-tokoh
·   Siswa memahami hubungan kausalitas antarperistiwa kesejarahan
·   Siswa memahami pertautan antara tokoh, peristiwa dengan wilayah setempat
·         Dapat memahami isi wacana atau cerita
·         Dapat memahami kedudukan dan peranan tokoh-tokoh
·         Dapat memahami hubungan kausalitas antarperistiwa kesejarahan
·         Dapat memahami pertautan antara tokoh, peristiwa dengan wilayah setempat
·   Tes
·   Non tes
·   Tugas harian

-       Essay
-       Obyektif
-       Performance

Penugasan
Bermain peran
Demonstarasi
Tanya jawab
Ceramah
Diskusi

4 Jampel
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
Kaset

Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis pengalaman, biografi, sajak, bahasan dan menulis berita.
Menulis biografi
Biografi
·   Siswa memilih tokoh dengan kriteria yang tepat
·   Siswa merencana-kan tulisan dalam kerangka karangan
·   Siswa menunjuk-kan pentingnya tokoh yang ditulis
·   Siswa memilih peristiwa penting dari kehidupan tokoh
·   Siswa mencerita-kan (naratif) riwayat hidup tokoh secara kronologis
·   Siswa memper-baiki atau me-nyempurnakan naskah biografi
·         Dapat memilih tokoh dengan kriteria yang tepat
·         Dapat merencanakan tulisan dalam kerangka karangan
·         Dapat menunjukkan pentingnya tokoh yang ditulis
·         Dapat memilih peristiwa penting dari kehidupan tokoh
·         Dapat menceritakan (naratif) riwayat hidup tokoh secara
Kronologis
·         Dapat memperbaiki atau menyempurnakan naskah biografi
·   Tes
·   Non tes
·   Tugas harian

-       Essay
-       Obyektif
-       Performance

Penugasan
Bermain peran
Demonstarasi
Tanya jawab
Ceramah
Diskusi

4 Jampel
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
Kaset

Mampu mengungkap-kan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam bercerita tentang pengalaman, menyampai-kan pengumuman, bertelepon, menyampaikan bahasan, menceritakan tokoh dan bercakap-cakap dengan teman
Mencerita-kan tokoh idola
Tokoh idola
·   Siswa memilih tokoh idola dengan pertimbangan yang baik
·   Siswa menjelas-kan kelebihan tokoh idola
·   Siswa menjelas-kan makna kelebihan atau keunggulan itu
·   Siswa menanggapi berbagai aspek terpuji dan keteladanan tokoh idola
·   Dapat menjawab pertanyaan tentang tokoh idola
·         Dapat memilih tokoh idola dengan pertimbangan yang baik
·         Dapat menjelaskan kelebihan tokoh idola
·         Dapat menjelaskan makna kelebihan atau keunggulan itu
·         Dapat menanggapi berbagai aspek terpuji dan keteladanan tokoh idola
·         Dapat menjawab pertanyaan tentang tokoh idola
·   Tes
·   Non tes
·   Tugas harian

-       Essay
-       Obyektif
-       Performance

Penugasan
Bermain peran
Demonstarasi
Tanya jawab
Ceramah
Diskusi

4 Jampel
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
Kaset

Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis pengalaman, biografi, sajak, bahasan dan menulis berita.
Menulis karangan eksposisi (bahasan)
Karangan eksposisi
·   Siswa memilih topik (jejer) yang cocok untuk karangan eksposisi
·   Siswa merencana-kan tulisan dalam kerangka karangan
·   Siswa menulis bagian pembukaan dengan jelas
·   Siswa menerangkan prosedur, langkah-langkah atau proses secara sistematis
·   Siswa menerang-kan tiap  prosedur, langkah atau proses dengan jelas dan singkat
·   Siswa menggunakan bahasa yang lugas, kata yang tepat, dan kalimat-kalimat yang efektif
·   Siswa menulis bagian penutup dan kesimpulan dengan baik
·   Siswa mem-perbaiki atau menyempurnakan naskah bahasan


·         Dapat memilih topik (jejer) yang cocok untuk karangan eksposisi
·         Dapat merencanakan tulisan dalam kerangka karangan
·         Dapat menulis bagian pembukaan dengan jelas
·         Dapat menerangkan prosedur, langkah-langkah atau proses secara sistematis
·         Dapat menerangkan tiap  prosedur, langkah atau proses dengan jelas dan singkat
·         Dapat menggunakan bahasa yang lugas, kata yang tepat, dan kalimat-kalimat yang efektif
·         Dapat menulis bagian penutup dan kesimpulan dengan baik
·         Dapat memperbaiki atau menyempurnakan naskah bahasan
·   Tes
·   Non tes
·   Tugas harian

-       Essay
-       Obyektif
-       Performance

Penugasan
Bermain peran
Demonstarasi
Tanya jawab
Ceramah
Diskusi

4 Jampel
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
Kaset

Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam bercerita tentang pengalaman, menyampaikan pengumuman, bertelepon, menyampaikan bahasan, menceritakan tokoh dan bercakap-cakap dengan teman
Menyampai-kan bahasan
Bahasan
·   Siswa memilih topik bahasan yang penting atau berguna
·   Siswa memulai bahasan dengan pembukaan yang baik
·   Siswa menyajikan bagian-bagian bahasan dengan susunan yang sistematis
·   Siswa menyajikan bahasan dengan bahasa, pilihan kata atau kalimat-kalimat efektif
·   Siswa berbicara dengan penampilan yang baik
·   Siswa mengakhiri bahasan dengan penutup yang baik
·   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang isi bahasan
·         Dapat memilih topik bahasan yang penting atau berguna
·         Dapat memulai bahasan dengan pembukaan yang baik
·         Dapat menyajikan bagian-bagian bahasan dengan susunan yang sistematis
·         Dapat menyajikan bahasan dengan bahasa, pilihan kata atau kalimat-kalimat efektif
·         Dapat berbicara dengan penampilan yang baik
·         Dapat mengakhiri bahasan dengan penutup yang baik
·         Dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang isi bahasan
·   Tes
·   Non tes
·   Tugas harian

-       Essay
-       Obyektif
-       Performance

Penugasan
Bermain peran
Demonstarasi
Tanya jawab
Ceramah
Diskusi

4 Jampel
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
Kaset

Mampu membaca, memahami dan menanggapi bentuk dan jenis wacana sejarah lokal/babad, wacana percakapan, wacana dongeng dan carita pondok
Membaca cerita pendek
Corpon
·   Siswa membaca carita pondok dengan lafal dan intonasi yang baik
·   Siswa menceritakan ringkasan carita pondok dalam parafrase
·   Siswa memahami isi carita pondok
·   Siswa menanggapi carita pondok atas berbagai aspeknya
·         Dapat membaca carita pondok dengan lafal dan intonasi yang baik
·         Dapat menceritakan ringkasan carita pondok dalam parafrase
·         Dapat memahami isi carita pondok

·         Dapat menanggapi carita pondok atas berbagai aspeknya
·   Tes
·   Non tes
·   Tugas harian

-       Essay
-       Obyektif
-       Performance

Penugasan
Bermain peran
Demonstarasi
Tanya jawab
Ceramah
Diskusi

4 Jampel
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
Kaset

Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam bercerita tentang pengalaman, menyampaikan pengumuman, bertelepon, menyampaikan bahasan, menceritakan tokoh dan bercakap-cakap dengan teman
Berbicara melalui telepon
Telepon
·   Siswa memilih dan mengucapkan salam pembuka atau membalas salam pembuka   dengan baik

·   Siswa berbicara dengan volume suara dan intonasi yang baik
·   Siswa mengung-kapkan maksud dengan singkat dan jelas
·   Siswa menjawab pertanyaan mitra bicara dengan singkat dan jelas
·   Siswa mengguna-kan bahasa secara efektif dan santun
·   Siswa menyem-purnakan pembicaraan dengan telepon
·         Dapat memilih dan mengucapkan salam pembuka atau membalas salam pembuka   dengan baik
·         Dapat berbicara dengan volume suara dan intonasi yang baik
·         Dapat mengungkapkan maksud dengan singkat dan jelas
·         Dapat menjawab pertanyaan mitra bicara dengan singkat dan jelas
·         Dapat menggunakan bahasa secara efektif dan santun
·         Dapat menyempurnakan pembicaraan dengan telepon
·   Tes
·   Non tes
·   Tugas harian

-       Essay
-       Obyektif
-       Performance

Penugasan
Bermain peran
Demonstarasi
Tanya jawab
Ceramah
Diskusi

4 Jampel
Wacana
Buku pegangan
Majalah
Surat kabar
Kaset



                              Sukabumi,     Juli 2012
               Mengetahui                 Guru Mata Pelajaran
               Kepala Sekolah,




               ………………………………                 ………………………………
               NIP. 

0 komentar:

Posting Komentar